SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KEDUNGSIGIT, PELAYANAN KANTOR SETIAP HARI SENIN - JUM'AT JAM 07.00 - 15.30 WIB. "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mencintai seseorang yang apabila bekerja, ia mengerjakannya dengan profesional." (HR. Thabrani).

Artikel

PEMBUATAN RUMAH BURUNG HANTU (RUBUHA)

27 April 2022 09:27:50  Administrator  989 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kedungsigit, 27/4/2022….Tikus menjadi salah satu musuh petani yang sangat merugikan, dapat mengurangi hasil produksi padi hingga mencapai 70 % kerusakannya. Di Desa Kedungsigit, sedang berupaya untuk mengendalikan hama tikus ini dilakukan secara Preventif, yakni dengan cara menyediakan Rumah burung Tyto Alba / Burung Hantu (Rubuha) sebagai musuh alami hama tikus.

Kegiatan pengendalian juga belum sistematis dan terorganisir dengan baik, tidak berkelanjutan dan belum terkoordinasi dengan baik. Kelompok tani belum dimanfaatkan secara optimal untuk mengorganisasi tindakan pengendalian, Pembuatan Rubuha ini memudahkan burung hantu berburu tikus di sawah. Agar Rubuha kuat dan tidak mudah roboh, tiang harus terbuat dari Besi besar dan pondasi cor beton sehingga tidak mudah roboh di tanah persawahan yang lembek.

Manfaat dari penggunaan musuh alami ini antara lain ramah lingkungan dan tidak menimbulkan residu yang berbahaya bagi manusia, fungsi utama rubuha adalah agar bisa membantu merawat anakan burung hantu untuk dilakukan penangkaran. Serta untuk bisa mengajarkan burung hantu memangsa tikus. Karena apabila tidak ada rubuha, burung hantu akan sembarang bertelur. fungsi utama rubuha adalah agar bisa membantu merawat anakan burung hantu untuk dilakukan penangkaran. Serta untuk bisa mengajarkan burung hantu memangsa tikus. Karena apabila tidak ada rubuha, burung hantu akan sembarang bertelur.

Mengapa Burung Tyto alba Perlu dibuatkan Rumah Burung Hantu (Rubuha)…???

  • Burung hantu tidak bisa membuat sarang sendiri
  • Mempunyai sifat burung berumah satu
  • Tempat untuk mengintai mangsanya (Tikus)
  • Kalau tidak dibuatkan sarang buatan, burung tersebut akan bersarang pada tempat yang tidak terkontrol, sehingga telur/anak akan mudah jatuh
  • Sesuai habitatnya burung hantu biasanya akan bersarang di gedung, dipohon rindang atau berlobang dan tidak dilindungi/liar. Sehingga seseorang atau pemburu akan mudah mengambil/menembak burung tersebut dan akibatnya populasi burung hantu akan berkurang
  • Cara memburu mangsanya tidak tertuju pada hamparan lahan sasaran yang diinginkan
  • Secara intensif perlu dikembangkan RUBUHA
  • Dalam 1 hari, burung Tyto Alba dapat memakan 3 ekor tikus, dan semua tikus yang bias dijangkau dapat dibunuh.
  • Burung Tyto Alba yang sudah berumur 8 bulan keatas dalam 1 tahun dapat bertelur 2 kali. 1 kali bertelur dapat menghasilkan 5-10 butir.
  • Burung Tyto Alba mempunyai sifat sebagai burung yang setia, dia akan tinggal pada tempat tinggalnya sampai mati.

Dan pembuatan Rubuha / Rumah Burung Hantu ini adalah salah satu bentuk program desa dalam rangka Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa, sesuai amanat Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022, yakni program Ketahanan Pangan sebesar 20 Persen dari Dana Desa.

Alhamdulillah pada Tahun Anggaran 2022 ini Pemerintah Desa Kedungsigit dapat membuat RUBUHA sebanyak 12 Unit, dengan anggaran Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah).

 

#KedungsigitNews

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Wilayah Desa

Kantor Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:153
    Kemarin:222
    Total Pengunjung:405.803
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.101.1
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Komentar Terbaru