SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KEDUNGSIGIT, PELAYANAN KANTOR SETIAP HARI SENIN - JUM'AT JAM 07.00 - 15.30 WIB. "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mencintai seseorang yang apabila bekerja, ia mengerjakannya dengan profesional." (HR. Thabrani).

Artikel

POSYANDU BALITA "KEDUNGSIGIT BANGKIT"

15 April 2022 08:20:37  Administrator  129 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kedungsigit, 15 April 2022 Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kader-kader Posyandu balita Desa Kedungsigit melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Ponkesdes Desa Kedunsgigit yakni Bidan Desa dan Perawat Desa yang sudah sudah dijadwalkan setiap bulan. Di Desa Kedungsigit ada 5 (lima) Pos / tempat Posyandu balita yakni :

  1. Posyandu Balita Sigit
  2. Posyandu Balita Banjar
  3. Posyandu Balita Jeruk
  4. Posyandu Balita Kedungwaru
  5. Posyandu Balita Tenggong

Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu :

  • Penimbangan balita dan anak.

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Desa Kedungsigit

  • Penyuluhan Kesehan Anak

Kegiatan penyuluhan diberikan kepada orang tua balita / anak, agar dalam merawat, menjaga anak selalu memperhatikan pola hidup sehat, gizi seimbang dan parenting yang sesuai dengan umur anak. Agar balita/anak bisa tumbuh sehat secara jasmani ataupun rohani.

  • Pemberian Makanan Tambahan

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ada dua macam yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pemulihan dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) penyuluhan. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh balita.

PMT pemulihan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gizi balita sekaligus sebagai pembelajaran bagi ibu dari balita sasaran. PMT pemulihan diberikan dalam bentuk makanan atau bahan makanan lokal. Hanya dikonsumsi oleh balita gizi buruk dan sebagai tambahan makanan sehari-hari bukan sebagai makanan pengganti makanan utama.

Makanan tambahan pemulihan dapat berupa pabrikan dan lokal. PMT pemulihan pabrikan merupakan yaitu makanan pendamping ASI dalam bentuk biskuit yang mengandung 10 vitamin dan 7 mineral. Biskuit hanya untuk anak usia 12 – 24 bulan, dengan nilai gizi : energi total 180 kkal, lemak 6 gram, protein 3 gr. Jumlah persajinya mengandung 29 gr karbohidrat total, 2 gr serat pangan, 8 gr gula dan 120 mg natrium.

Sedangkan PMT pemulihan berbasis bahan makanan lokal ada dua jenis yanitu berupa Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) untuk bayi dan anak usia 6 – 23 bulan ) dan makanan tambahan untuk pemulihan anak balita 24-59 bulan berupa makanan keluarga.

PMT Penyuluhan adalah makanan tambahan yang diberikan kepada balita yang disediakan oleh kader posyandu. Tujuan PMT Penyuluhan adalah sebagai sasaran penyuluhan kepada orang tua blita tentang makanan kudapan ( snack ) yang baik diberikan untuk balita, sebagai sarana untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi balita, dan sebagai sarana untuk menggerakkan peran serta masayarakat dalam mendukung kesinambungan penyelenggaraan posyandu

Dan Alhamdulillah Pemerintah Desa Kedungsigit pada Tahun Anggaran 2022 ini, untuk kegiatan Posyandu Balita di 5 (lima) Pos, telah menganggarkan sebesar Rp. 18.000.000 untuk PMT dan Rp. 3.900.000,- untuk Honor 5 orang kader yang tidak masuk dalam anggaran dinas kesehatan.

 

#kedungsigitnews

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Wilayah Desa

Kantor Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:127
    Kemarin:355
    Total Pengunjung:413.117
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.101.1
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Komentar Terbaru